Cara Mengganti DNS

DNS merupakan kepanjangan dari “Domain Name System”. Fungsi dari DNS ini sendiri adalah sebuah alamat jaringan yang bisa berbentuk nama domain atau IP untuk mengakses server/komputer yang tergabung dalam sebuah jaringan, misalnya seperti HTTP (di browser) atau FTP dan lain sebagainya.

Contoh ketika kita terkoneksi dalam suatu jaringan Internet, otomatis alamat IP internet kita akan dibuat oleh DHCP (Dari ISP)  menjadi sebuah IP misal 153.95.00.31.

Dalam aktivitas browsing, kita tentunya akan menggunakan protokol HTTP yang digunakan untuk mengakses situs atau website yang kita inginkan, contohnya seperti google.com.

Ketika kita mengakses google.com otomatis alamat IP kita tadi akan mengirimkan paket data ke alamat IP google.com misal 74.125.24.105 kemudian alamat google tersebut akan mengirim kembali paket data yang akan menampilkan isi dari situs google tersebut.

ping google

ilustrasi pengiriman data dari ip kita ke ip google

Seperti itulah kurang lebih penjabaran fungsi DNS, dimana jika kita menggunakan suatu ISP (Internet Service Provider) tertentu misal Speedy, Fastnet, MyRepublik dan lainnya, kita akan mendapatkan IP Internet (DNS) yang digunakan untuk browsing dan aktifitas lainnya di Internet.

Masalahnya adalah, kadang DNS yang diberikan oleh ISP tersebut sangat lambat, atau stuck, atau bahkan kadang terdapat bloking terhadap beberapa situs yang mau anda buka di Internet.

Cara mensiasatinya adalah dengan menggunakan DNS dari pihak ke 3 misalkan menggunakan Open DNS atau DNS lainnya yang aman.

Berikut ini adalah tutorial cara mengganti DNS untuk anda gunakan di Windows ataupun perangkat dengan Sistem Operasi lainnya.

Windows

Untuk komputer yang menggunakan sistem operasi Windows, saya rasa untuk Windows 7 mungkin saat ini sudah tidak ada lagi, karena Windows sendiri sudah tidak melanjutkan supportnya terhadap versi ini, oleh sebab itu mari kita lihat saja untuk sistem operasi Windows 8 dan 10.

Untuk mengganti DNS di Windows 8 dan 10 Kurang lebih caranya sama.

Buka Control Panel

Pilih Logo Windows, kemudian ketik Control Panel

cari control panel

Kemudian klik view network status and task

view network

Next klik jenis koneksi anda (Connection)

klik connection anda

Pada contoh di komputer ts, saya menggunakan koneksi Ethernet, jika anda menggunakan koneksi Wifi, sama saja

ganti dns nya

Terakhir seperti gambar diatas, anda tinggal mengklik Properties, kemudian pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) kemudian klik Properties.

Terakhir anda tinggal mengganti pada kolom Use the following DNS server addresses dan mengisikan DNS yang anda inginkan.

Pada contoh diatas ts menggunakan DNS Cloudflare, anda bisa menggunakan beberapa DNS gratis dan aman berikut ini :

  1. Cloudflare
    Preferred 1.1.1.1
    Alternate 1.0.0.1
  2. Google
    Preferred 8.8.8.8
    Alternate 8.8.4.4
  3. OpenDNS
    Preferred 208.67.222.222
    Alternate 208.67.220.220

Android

Mengganti DNS untuk Sistem operasi Android juga cukup mudah, caranya masuk ke setting, kemudian pilih Wi-Fi. Masuk ke pilihan koneksi Wifi anda dan tekan agak lama sampai muncul pilihan Modify network seperti pada gambar dibawah ini.

ubah wifi sistem

Setelah itu, anda pilih Advanced options, kemudian scroll kebawah, pada pilihan IP Settings pilih Static, kemudian scroll lagi kebawah dan ganti DNS 1 dan DNS 2nya menggunakan DNS sebelumnya.

ganti dns di android

Terakhir klik save.

IOS

Cara mengganti dns pada IOS atau iPhone sangat mudah, step-stepnya juga kurang lebih sama seperti dijelaskan pada gambar dibawah ini.

Pertama buka pilihan Settings kemudian masuk ke pilihan Wi-Fi anda.

masuk ke wifi ios

Selanjutnya pada pilihan jaringan yang terkoneksi dengan HP anda, pilih tanda i yang ada disebelah kanannya.

pilih i pada wifi

Kemudian selanjutnya klik konfigurasi IP

klik konfigurasi IP

Pada pilihan ini selanjutnya anda hanya perlu mengganti Konfigurasi IPv4 yang semula Otomatis menjadi Manual, kemudian geser kebawah sampai anda melihat kolom IP Manual. Disini anda tinggal memasukan DNS yang sudah diberikan sebelumnya pada kolom Alamat IP dan Mask Subnet.

ganti konfigurasi dns iphone

Updated: 2019-03-08 — 01:57

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *